Monday, January 21, 2013

TUGAS TIK - Rangkuman hal. 168-176


Kelompok VII
1. Gita Mahardika
2. Maudy Bay Tazya L.
3. Salsabila Ramadita
4. Vica Adini A.


Mengenal Aplikasi Pengolah Angka 
Microsoft Excel 2010

Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak selalu menggunakan tulisan berupa alfabetatau teks, tetapi juga menggunakan angka-angka atau numerik. Microsoft Corp. Telah mengantisipasi kebutuhan tersebut dengan menyediakan aplikasi pengolah angka (spread sheet) yang diberi nama Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan aplikasi berorientasi pada pengolahan angka.
Selain aplikasi pengolahan angka dengan Microsoft Excel, terdapat juga aplikasi yang sejenis, seperti Lotus For Windows, Supercalk, Q-Pro, dan OpenOffice Calc. Kompetensi dasar yang diharapkan dalam penggunaan aplikasi pengolah angka ini adalah mampu menggunalan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah angka, membuat dan mengolah pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram uuntuk menghasilkan informasi.

A. Kegunaan Program Pengolah Angka
Proses atau kegiatan yang dapat dilakukan oleh Microsoft Excel, antara lain:
1.       Perhitungan dengan rumus sederhana,
2.       Perhitungan dengan rumus kompleks,
3.       Perhitungan statistika,
4.       Perhitungan keuangan/finansial,
5.       Pengolah angka menjadi grafik,
6.       Pengolah database.

B. Letak Program dan Pengaktifan Microsoft Aplikasi Excel 2010
                Microsoft Excel adalah penyempurnaan dari Microsoft Excel 2007, dan keduanya memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda. Perintah-perintah dan menu-menu masih tetap sama. Dengan perubah rilis tersebut, tidak akan memberikan kesulitan bagi para penggunanya, malahan menjadi sebuah tantangan yang menarik. Selain itu, aplikasi Excel ini mudah digunakan(user friendly).

Untuk mengaktifkan aplikasi Microsoft Excel bisa menggunakan beberapa cara, antara lain:
Ø  Start Menu – All Programs – Microsoft Office – Microsoft Excel 2010
Ø  Pada dekstop yang terdapat shortcut Microsoft Excel
Ø  Start Menu – Run – ketik “Excel” – Ok

Lingkungan jendela kerja Microsoft Excel 2012 terdiri dari:
1.       Quick Access toolbar
Berisi ikon-ikon yang digunakan untuk mengakses perintah-perintah umum yang digunakan cepat. Contohnya, ikon Sve, ikon Undo, dan ikon Redo.

2.    Title bar
Judul nama buku kerja terletak pada bagian tengah atas jendela Microsoft Excel.

3.    Ribbon
Menu berbentuk pita yang berisi ikon-ikon atau perintah-perintah yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya dalam tiga bagian, yaitu Tabs, Groups, dan Commands. Tabs yang terletak dibagian atas ribbon (File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View).

4.    Pointer
Penunjuk posisi sel.

5.   Tab worksheet
Lembar kerja Microsoft Excel default memiliki 3 sheet.  Tapi, kita bisa menanmbahnya sesuai kebutuhan.

6.   Name box
Berfungsi untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif dan dapat digunakan untuk menampung beberapa sel yang diblok menjadi satu range dengan diberikan nama tertentu. Letaknya di atas antara lembar kerja dengan toolbar ikon.

7.    Formula bar
Kotak yang berfungsi untuk menampilkan rumus, memasukkan rumus, dan memperbaiki rumus yang telah dibuat.

8.   Control menu
Terdapat dua contol menu dalam lingkungan buku kerja Microsoft Excel. Control menu ada yang terletak sejajar dengan title bar yang berfungsi dan berpengaruh terhadap aplikasi Ms. Excel (memperkecil jendela, me-restore dan keluar dari program kerja Ms. Excel). Dan control menu yang sejajar dengan menu bar berfungsi dan berpengaruh terhadap buku kerja (memperkecil buku kerja, me-restore tampilan buku kerja, dan menutup tampilan buku kerja, tetapi tidak keluar dari program Microsoft Excel).

9.   Scroll bar vertical
Terletak disebelah kanan lembar kerja. Fungsinya adalah untuk melihat data yang terdapat dalam lembar kerja ynag melebihi tampilan satu layar.

1.   Scroll bar horizontal
Terletak dibagian bawah lembar kerja dan sejajar dengan tab Worksheet. Fungsinya untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri agar data yang terletak disebelah kanan lebih dari satu layar dapat dilihat.

C. Pengenalan Lembar Keja Microsoft Excel
                Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka(spread sheet) yang berbentuk buku kerja (Workbook) elektronik. Workbook terdiri atas kolom dan baris. Workbook dalam Microsoft Excel 2010 secara default terdiri dari 3 lembar kerja. Berikut ini beberapa istilahat penting yang harus dan baris, misalnya B2.
Cells     : perpotongan kolom dan baris, misalnya B2.
Range  : gabungan beberapa sel.
Column: kolom lembar kerja Excel, berjumlah 16.384 kolom, yaitu kolom A sampai dengan XFD
Row     : baris dari lembar kerja excel yang berjumlah 1.048.576 baris.

D. Pemindahan Pointer
                Pointer atau penunjuk sel dapat dipindahkan ke sel-sel lainnya. Pemindahan pointer ini dapat menggunakan mouse atau menggunakan keyboard.
1. Pengunaan mouse pada pointer
v  Klik berfungsi untuk meletakkan pointer pada sel yang diinginkan.
v  Klik ganda berfungsi untuk mengedit teks atau rumus pada sel yang diinginkan.
v  Drag berfungsi untuk melkukan pemblokan, memindahkan, dan menyalin suatu sel ataupun range.
2. Fungsi kursor mouse
Beberapa fungsi kursor mouse, antara lain:
1)      Sebagai penunjuk dan unutk memilih menu dan ikon.
2)      Untuk memindahkan sel
3)      Sebagai fill handle unutk menyalin sel
4)      Unutk memblok suatu range.
5)      Unutk memblok suatu kolom
6)      Unutk memblok suatu baris.
3. Pengaturan letak pointer dengan keyboard
a.       Arrow Key Right             : satu sel atau satu huruf ke kanan.
b.      Arrow Key Left                : satu sel atau satu huruf ke kiri.
c.       Arrow Key Up                 : satu baris ke atas.
d.      Arrow Key Down             : satu baris ke bawah.
e.      Page Up                          : satu layar ke atas
f.        Page Down                     : satu layar ke bawah.
g.       End + Arrow Key Right  : ke kolom akhir sel yang berisi data.
h.      End + Arrow Key Left     : ke kolom awal sel yang berisi data.
i.         End + Arrow Key Up      : ke baris awal sel yang berisi data.
j.        End + Arrow Key Down  : ke baris akhir sel yang berisi data.
k.       Ctrl + End                        : ke kolom atau baris akhir sel yang berisi data.
l.         Ctrl + Home                    : ke sel awal lembar kerja (A1)
m.    Home                               : ke kolom awal pada baris yang aktif.
n.      F5                                    : menuju sel tertentu.


No comments:

Post a Comment