Kelompok VII
1. Gita Mahardika
2. Maudy Bay Tazya L.
3. Salsabila Ramadita
4. Vica Adini A.
Mengenal
Aplikasi Pengolah Angka
Microsoft Excel 2010
Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak selalu menggunakan
tulisan berupa alfabetatau teks, tetapi juga menggunakan angka-angka atau
numerik. Microsoft Corp. Telah mengantisipasi kebutuhan tersebut dengan
menyediakan aplikasi pengolah angka (spread
sheet) yang diberi nama Microsoft
Excel. Microsoft Excel merupakan aplikasi berorientasi pada pengolahan angka.
Selain aplikasi pengolahan angka dengan Microsoft Excel, terdapat juga
aplikasi yang sejenis, seperti Lotus For Windows, Supercalk, Q-Pro, dan
OpenOffice Calc. Kompetensi dasar yang diharapkan dalam penggunaan aplikasi
pengolah angka ini adalah mampu menggunalan menu dan ikon yang terdapat pada
perangkat lunak pengolah angka, membuat dan mengolah pengolah angka dengan
variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram uuntuk menghasilkan informasi.
A.
Kegunaan Program Pengolah Angka
Proses atau kegiatan yang dapat dilakukan oleh Microsoft Excel, antara
lain:
1.
Perhitungan dengan rumus sederhana,
2.
Perhitungan dengan rumus kompleks,
3.
Perhitungan statistika,
4.
Perhitungan keuangan/finansial,
5.
Pengolah angka menjadi grafik,
6.
Pengolah database.
B. Letak
Program dan Pengaktifan Microsoft Aplikasi Excel 2010
Microsoft Excel adalah
penyempurnaan dari Microsoft Excel 2007, dan keduanya memiliki tampilan yang
tidak jauh berbeda. Perintah-perintah dan menu-menu masih tetap sama. Dengan
perubah rilis tersebut, tidak akan memberikan kesulitan bagi para penggunanya,
malahan menjadi sebuah tantangan yang menarik. Selain itu, aplikasi Excel ini
mudah digunakan(user friendly).
Untuk
mengaktifkan aplikasi Microsoft Excel bisa menggunakan beberapa cara, antara
lain:
Ø
Start Menu – All Programs – Microsoft Office –
Microsoft Excel 2010
Ø
Pada dekstop yang terdapat shortcut Microsoft
Excel
Ø
Start Menu – Run – ketik “Excel” – Ok
Lingkungan
jendela kerja Microsoft Excel 2012 terdiri dari:
1. Quick
Access toolbar
Berisi
ikon-ikon yang digunakan untuk mengakses perintah-perintah umum yang digunakan
cepat. Contohnya, ikon Sve, ikon Undo, dan ikon Redo.
2. Title
bar
Judul
nama buku kerja terletak pada bagian tengah atas jendela Microsoft Excel.
3. Ribbon
Menu
berbentuk pita yang berisi ikon-ikon atau perintah-perintah yang dikelompokkan
berdasarkan fungsinya dalam tiga bagian, yaitu Tabs, Groups, dan Commands. Tabs
yang terletak dibagian atas ribbon (File, Home, Insert, Page Layout, Formulas,
Data, Review, dan View).
4. Pointer
Penunjuk
posisi sel.
5. Tab
worksheet
Lembar
kerja Microsoft Excel default memiliki 3 sheet.
Tapi, kita bisa menanmbahnya sesuai kebutuhan.
6. Name
box
Berfungsi
untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif dan dapat digunakan untuk
menampung beberapa sel yang diblok menjadi satu range dengan diberikan nama
tertentu. Letaknya di atas antara lembar kerja dengan toolbar ikon.
7. Formula
bar
Kotak
yang berfungsi untuk menampilkan rumus, memasukkan rumus, dan memperbaiki rumus
yang telah dibuat.
8. Control
menu
Terdapat
dua contol menu dalam lingkungan buku kerja Microsoft Excel. Control menu ada
yang terletak sejajar dengan title bar yang berfungsi dan berpengaruh terhadap
aplikasi Ms. Excel (memperkecil jendela, me-restore
dan keluar dari program kerja Ms. Excel). Dan control menu yang sejajar dengan
menu bar berfungsi dan berpengaruh terhadap buku kerja (memperkecil buku kerja,
me-restore tampilan buku kerja, dan
menutup tampilan buku kerja, tetapi tidak keluar dari program Microsoft Excel).
9. Scroll
bar vertical
Terletak
disebelah kanan lembar kerja. Fungsinya adalah untuk melihat data yang terdapat
dalam lembar kerja ynag melebihi tampilan satu layar.
1. Scroll
bar horizontal
Terletak
dibagian bawah lembar kerja dan sejajar dengan tab Worksheet. Fungsinya untuk
menggeser layar ke kanan atau ke kiri agar data yang terletak disebelah kanan
lebih dari satu layar dapat dilihat.
C. Pengenalan
Lembar Keja Microsoft Excel
Microsoft Excel
merupakan aplikasi pengolah angka(spread
sheet) yang berbentuk buku kerja (Workbook)
elektronik. Workbook terdiri atas kolom dan baris. Workbook dalam Microsoft
Excel 2010 secara default terdiri dari 3 lembar kerja. Berikut ini beberapa
istilahat penting yang harus dan baris, misalnya B2.
Range : gabungan beberapa sel.
Column: kolom lembar kerja Excel, berjumlah 16.384 kolom, yaitu kolom A sampai dengan XFD
Row : baris dari lembar kerja excel yang berjumlah 1.048.576 baris.
D.
Pemindahan Pointer
Pointer atau
penunjuk sel dapat dipindahkan ke sel-sel lainnya. Pemindahan pointer ini dapat
menggunakan mouse atau menggunakan keyboard.
1. Pengunaan mouse pada pointer
v
Klik berfungsi untuk meletakkan pointer pada sel
yang diinginkan.
v
Klik ganda berfungsi untuk mengedit teks atau
rumus pada sel yang diinginkan.
v
Drag berfungsi untuk melkukan pemblokan,
memindahkan, dan menyalin suatu sel ataupun range.
2. Fungsi kursor
mouse
Beberapa
fungsi kursor mouse, antara lain:
1)
Sebagai penunjuk dan unutk memilih menu dan
ikon.
2)
Untuk memindahkan sel
3)
Sebagai fill handle unutk menyalin sel
4)
Unutk memblok suatu range.
5)
Unutk memblok suatu kolom
6)
Unutk memblok suatu baris.
3. Pengaturan
letak pointer dengan keyboard
a. Arrow
Key Right :
satu sel atau satu huruf ke kanan.
b. Arrow
Key Left : satu sel atau
satu huruf ke kiri.
c. Arrow
Key Up : satu baris ke
atas.
d. Arrow
Key Down : satu baris ke
bawah.
e. Page
Up : satu
layar ke atas
f.
Page Down :
satu layar ke bawah.
g. End
+ Arrow Key Right : ke kolom akhir sel
yang berisi data.
h. End
+ Arrow Key Left : ke kolom awal sel
yang berisi data.
i.
End + Arrow Key Up : ke baris awal sel yang berisi data.
j.
End + Arrow Key Down : ke baris akhir sel yang berisi data.
k. Ctrl
+ End : ke
kolom atau baris akhir sel yang berisi data.
l.
Ctrl + Home :
ke sel awal lembar kerja (A1)
m. Home : ke kolom
awal pada baris yang aktif.
n. F5 :
menuju sel tertentu.
No comments:
Post a Comment