Monday, January 21, 2013

-MICROSOFT EXCEL-

Disusun oleh:
Annisa Cahyadini 
Desma Ariyas
Mutia Marwa 
Oxy Rizky 

 A. PENGERTIAN


Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
B. SEJARAH
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.
C. Versi
Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft Excel
D. Format berkas
Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
  1. WK1 (1-2-3)
  2. WK4 (1-2-3)
  3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  4. WKS (1-2-3)
  5. WK3 (1-2-3)
  6. WK1 FMT(1-2-3)
  7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
  8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  9. DBF 2 (dBASE II)
  10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
  11. WK3,FM3(1-2-3)
  12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
  13. WK1, ALL(1-2-3)
  14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
  15. WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
  1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
  2. Microsoft Excel 2.1 Macro
  3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
  4. Microsoft Excel 3.0 Macro
  5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
  6. Microsoft Excel 4.0 Macro
  7. Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
  8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
  9. DBF 3 (dBASE III)
  10. DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
    E. Fungsi Microsoft Exel

    1.    Perhitungan dengan rumus sederhana
    2.    Perhitungan dengan rumus kompleks
    3.    Perhitungan statistika
    4.    Perhitungan keuangan/financial
    5.    Pengolahan angka menjadi grafik
    6.    Pengolahan database.   
  •  F. OFFICE BUTTON
    1.      NEW                : Membuat dokumen atau lembar kerja baru
    2.      OPEN               : Membuka dokumen atau lembar kerja yang telah disimpan
    3.      SAVE                : Menyimpan dokumen
    4.      SAVE AS           : Menyimpan teks dokumen atau file yang telah diketik dengan memberi nama file ke dalam ke dalam beberapa format yang tersedia
    5.      PRINT              : Mencetak file atau dokumen dengan printer
    6.      PREPARE         : Menyiapkan file atau dokumen yang dibuka untuk didistribusikan dengan memberi property, memeriksa metadata, mengenkripsi file, menambah tanda tangan digital, dsb.
    7.      SEND               : Mengirim file yang dibuka lewat e-mail maupun fax internet
    8.      PUBLISH          : Mempublikasikan file yang dibuka pada web, blog, server manajemen file, atau workspace pada jaringan
    9.      CLOSE              : Menutup file yang sedang dibuka
    10.  RECENT DOCUMENTS : File atau lembar kerja yang sebelumnya dibuka
    11.  WORD OPTIONS : Pengaturan untuk word
    12.  EXIT WORD     : Menutup file yang sedang dibuka

    QUICK ACCESS TOOLBAR
    1.      SAVE                : Menyimpan dokumen
    2.      UNDO              : Membatalkan perubahan file dokumen terakhir
    3.      REDO               : Membatalkan pembatalan perubahan file dokumen yang terakhir
    4.      REPEAT            : Mengulang perubahan dokumen yang terakhir

    RIBBON
    TAB HOME
    1.      GROUP CLIPBOARD
    a.      COPY   : Menyalin atau mengcopy suatu bagian dari workbook seperti isi sel maupun range dan menempatkannya ke sel atau range lain
    b.      CUT     : Memotong atau mengcopy suatu bagian dari workbook seperti isi sel maupun range dan menempatkannya ke sel atau range lain
    c.       PASTE  : Memunculkan atau menempelkan suatu bagian yang telah dicopy
    d.      FORMAT PAINTER : Mengcopy format dokumen yang sudah ada untuk ditempakan di bagian lain atau dokumen lain

    2.      GROUP FONT
    a.      JENIS FONT      : Mengubah jenis font
    b.      FONT SIZE       : Mengubah ukuran font
    c.       GROW FONT   : Memperbesar font
    d.      SHRINK FONT  : Memperkecil font
    e.      BOLD               : Memberi efek cetak tebal pada font
    f.        ITALIC              : Memberi efek cetak miring pada font
    g.      UNDERLINE     : Memberi efek garis bawah pada font
    h.      BORDERS        : Memberi garis atau line pada sel atau range
    i.        HIGHLIGHT      : Memberi warna latar pada sel atau range yang dipilih
    j.        FONT COLOR  : Menentukan atau mengatur warna font

    3.      GROUP ALIGNMENT
    a.      TOP ALIGNMEN : Mengatur perataan data sel pada posisi vertical dengan rata atas
    b.      MIDDLE              : Mengatur perataan data sel pada posisi vertical dengan rata tengah
    c.       BOTTOM ALIGN : Mengatur perataan data sel pada posisi vertical dengan rata bawah
    d.      ALIGN TEXT LEFT : Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kiri
    e.      CENTER                : Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengah
    f.        ALIGN TEXT RIGHT : Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kanan
    g.      ORIENTATION      : Mengatur orientasi penulisan data dalam sel
    h.      DECREASE INDENT : Mengurangi jarak indentasi
    i.        INCREASE INDENT : Menambah jarak indentasi
    j.        WRAP TEXT          : Melipat penulisan data text dalam sel
    k.      MERGE AND CENTER : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel tunggal dan meratakan data sel pada bagian tengah horizontal

    4.      GROUP NUMBER
    a.      NUMBER FORMAT      : Memformat data-data berbentuk angka
    b.      ACCOUNTING NUMBER FORMAT : Memformat data numeric dengan format mata uang
    c.       PERCENT STYLE           : Memformat data numeric dengan format persen
    d.      COMMA STYLE           : Memformat data numeric dengan format akuntansi
    e.      INCREASE DECIMAL    : Menambah jumlah digit angka desimal
    f.        DECREASE DECIMAL   : Mengurasi jumlah digit angka desimal

    5.      GROUP STYLE
    a.      CONDITIONAL FORMATTING : Memformat tabel-tabel data berdasarkan kriteria khusus
    b.      FORMAT AS TABLE                 : Memformat data-data dalam suatu range dari beberapa sel menjadi satu tabel
    c.       CELL STYLES                            : Memformat data-data dalam sel dan memiliki berbagai pilihan format

    6.      GROUP CELLS
    a.      INSERT CELLS              : Menyisipkan sel, baris, kolom, dan sheets
    b.      DELETE CELLS             : Menghapus sel, baris, kolom, dan sheets
    c.       FORMAT                      : Memformat atau mengatur tinggi baris dan lembar kolom hingga menyembunyikan baris dan kolom

    7.      GROUP EDITING
    a.      AUTOSUM       : Menjumlahkan data dalam suatu range sel yang telah ditentukan
    b.      FILL                  : Membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range
    c.       CLEAR              : Menghapus data dalam sel atau range yang dipilih
    d.      SORT & FILTER : Mengurutkan data dari yg terkecil ke yg terbesar atau sebaliknya
    e.      FIND & SELECT            : Mencari atau mengganti data secara otomatis

    TAB INSERT
    1.      TABLE              : Menyisipkan pivotable untuk data-data tabel yang kompleks dan membuat tabel untuk mengatur dan menganalisis data
    2.      ILLUSTRATION : Menyisipkan gambar, clip art, grafik, dan lain-lain
    3.      CHARTS           : Menyisipkan grafik dalam berbagai bentuk ke dokumen
    4.      TEXT                : Menyisipkan kotak teks, header and footer, WordArt, tanda tangan, objek
    5.      LINKS               : Membuat hyperlink

    TAB LAYOUT
    1.      GROUP THEMES
    a.       COLORS           : Mengubah warna
    b.      FONT               : Mengubah jenis huruf
    c.       EFFECT            S          : Mengubah efek huruf/ tulisan

    2.      GROUP PAGE SETUP
    a.       MARGINS        : Untuk mengatur ukuran margin suatu dokumen
    b.      ORIENTATION : Untuk mengatur orientasi pencetakan dokumen
    c.       SIZE                 : Untuk mengatur atau menentukan ukuran kertas
    d.      PRINT AREA     : Menentukan area cetak pada dokumen atau mencetak range yang diblok saja
    e.      BREAKS            : Untuk membagi dokumen menjadi beberapa bagian atau memisahkan halaman sheet dokumen
    f.        BACKGROUND : Memberikan gambar latar pada lembar kerja
    g.       PRINT TITTLE   : Untuk menentukan range kolom atau baris yang akan dicetak

    3.      GROUP SCALE FIT
    a.       WIDTH             : Untuk mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran lebar kertas
    b.      HEIGHT            : Untuk mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran tinggi kertas
    c.       SCALE              : Untuk menentukan nilai persen guna memperkecil dan memperbesar ukuran dokumen saat dicetak

    4.      GROUP SHEET OPTIONS
    a.       GRIDLINES       : Untuk menampilkan garis kisi-kisi sel (gridlines) antara row (baris) dan column (kolom)
    b.      HEADINGS       : Untuk menampilkan heading (bingkai lembar kerja berupa nomor baris dan kolom) dari row dan column

    5.      GROUP ARRANGE
    a.       BRING TO FRONT        : Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling depan
    b.      SEND TO BACK                        : Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling belakang
    c.       SELECTION PANE        : Menampilkan jendela Task Pane Selection and Visibility yang digunakan untuk menyeleksi suatu objek gambar untuk ditampilkan atau disembunyikan
    d.      ALIGN                          : Mengatur perataan objek dengan posisi rata kiri (left), kanan (right), tengah (center/middle), atas (top), dan bawah (bottom)
    e.      GROUP                                    : Mengelompokkan beberapa objek atau gambar dalam satu kelompok sehingga menjadi satu objek
    f.        ROTATE                       : Memutar dan membalikkan posisi objek yang sudah dipilih, dapat ke arah kanan, kiri, dsb.

    TAB FORMULA

    1.       GROUP FUNCTION LIBRARY
    a.       INSERT FUNCTION           : Menampilkan kotak dialog Insert Function yang digunakan untuk menyisipkan fungsi/ rumus tertentu
    b.      AUTOSUM                          : Untuk menjumlahkan data-data dalam suatu range tertentu secara otomatis, menghitung rata-rata data, banyak data, data tertinggi, data terendah, dan fungsi lainnya
    c.       RECENTLY USED                                : Untuk memasukkan rumus-rumus dari fungsi yang pernah digunakan
    d.      FINANCIAL                          : Untuk memasukkan rumus-rumus dari fungsi yang berkaitan dengan keuangan
    e.      LOGICAL                              : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi logika
    f.        TEXT                                      : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi text
    g.       DATE AND TIME                                : Untuk membuat fungsi-fungsi yang berkaitan dengan waktu dan tanggal
    h.      LOOK UP AND REFERENCE : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi pembacaan tabel
    i.         MATH AND TRIG              : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi matematika dan trigonometri
    j.        MORE FUNCTIONS          : Untuk membuat fungsi-fungsi yang lain

    2.       GROUP DEFINED NAMES
    a.       NAME MANAGER            : Untuk membuat, mengedit/ memperbaiki, menghapus, dan mencari semua nama sel atau range yang digunakan dalam workbook
    b.      DEFINE NAME                   : Untuk membuat penamaan sel atau range yang telah dipilih dan akan digunakan dalam rumus/formula
    c.       USE IN FORMULA            : Untuk menyisip nama sel atau range dalam suatu rumus/formula
    d.      CREATE FROM SELECTION : Untuk membuat nama dari serangkaian sel baik kolom maupun baris secara otomatis

    3.       GROUP FORMULA EDITING
    a.       TRACE PRECEDENTS        : Untuk menampilkan tanda panah yang mengarah ke satu sel hasil perhitungan suatu rumus atau fungsi dari kelompok sel
    b.      TRACE DEPENDENTS       : Untuk menampilkan tanda panah dari suatu kelompok sel yang mengarah ke suatu sel yang berisi hasil perhitungan dari suatu rumus fungsi
    c.       REMOVE ARROWS           : Untuk menghapus tanda panah yang ditampilkan oleh Trace Precedents dan Trace Dependents
    d.      SHOW FORMULAS           : Untuk menampilkan rumus dari suatu sel hasil perhitungan
    e.      ERROR CHECKING            : Untuk memeriksa kesalahan suatu rumus
    f.        EVALUATE FORMULA     : Untuk mengevaluasi rumus/formula yang digunakan
    g.       WATCH WINDOW            : Untuk menampilkan jendela Watch Window, yang digunakan untuk memonitor atau mengamati beberapa sel sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar kerja atau buku kerja yang berbeda

    4.       GROUP CALCULATION
    a.       CALCULATION OPTION           : Untuk memilih formula yang akan dilakukan atau dihitung
    b.      CALCULATE NOW                             : Untuk mengkalkulasi atau menghitung serangkaian data pada workbook yang sedang dikerjakan
    c.       CALCULATE SHEET                           : Untuk mengkalkulasi atau menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan

    TAB DATA
    1.       GROUP GET EXTERNAL DATA
    a.       FROM ACCESS                   : Untuk mengambil atau mengimpor data dari program Microsoft Access
    b.      FROM WEB                         : Untuk mengambil atau mengimpor data dari halaman web
    c.       FROM TEXT                         : Untuk mengambil atau mengimpor text dari file lain
    d.      FROM OTHER SOURCE   : Untuk mengambil atau mengimpor data dari sumber-sumber lain
    e.      EXISTING CONNECTIONS : Untuk mengambil atau mengimpor data dari dari koneksi data yang sedang dijalankan atau pernah dilakukan

    2.       GROUP CONNECTIONS : Untuk memperbarui hubungan data antarworkbook sehingga data yang sudah dikoneksi terlebih dahulu akan selalu update jika data dari sumber lain tersebut diperbarui

    3.       GROUP SORT & FILTER
    a.       SORT     : Untuk mengurutkan data dari nilai terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya
    b.      FILTER   : Untuk menyaring data

    4.       GROUP DATA TOOLS
    a.       TEXT TO COLUMNS         : Untuk memisahkan sel menjadi dua kolom
    b.      REMOVE DUPLICATES    : Untuk membatalkan duplikasi baris dalam suatu sheet
    c.       DATA VALIDATION          : Untuk melakukan validasi data yang sedang dikerjakan agar data-data yang akan dimasukkan bisa dikontrol
    d.      CONSOLIDATE                   : Untuk menggabungkan beberapa range menjadi satu range
    e.      WHAT-IF ANALYSIS         : Untuk menganalisis atau mencoba beragam nilai untuk formula yang terdapat dalam sheet

    5.       GROUP OUTLINE  : Untuk menjumlahkan data-data dari beberapa baris yang berhubungan secara otomatis dan menyisipkan hasilnya dalam suatu sel yang dipilih

    TAB REVIEW
    1.       GROUP PROOFING
    a.       SPELLING             : Untuk mengontrol spelling atau ejaan dalam data
    b.      RESEARCH           : Untuk mencari data dari berbagai sumber data
    c.       THESAURUS       : Untuk mencari arti kata dalam kamus
    d.      TRANSLATE         : Untuk menterjemahkan kalimat terpilih

    2.       GROUP COMMENTS : Untuk menyisipkan komentar atau catatan pada suatu sel

    3.       GROUP CHANGES
    a.       PROTECT SHEET                                                                : Untuk memproteksi atau melindungi data dalam suatu sheet sehingga tidak sembarangan pemakai melakukan perubahan terhadap data dalam sheet tersebut
    b.      PROTECT WORKBOOK                                    :  Untuk memproteksi atau melindungi data dalam suatu worbook sehingga tidak sembarangan pemakai melakukan perubahan terhadap data dalam workbook tersebut
    c.       SHARE WORKBOOK                                         : Untuk membagi file workbook pada orang lain sehingga orang lain bisa mengakses file itu juga
    d.      PROTECT AND SHARE WORKBOOK           : Untuk memproteksi sekaligus membagi file workbook pada orang lain namun orang lain tersebut tidak bisa melakukan perubahan terhadap file itu
    e.      ALLOW USERS TO EDIT RANGES                 : Untuk mengizinkan orang lain melakukan perubahan terhadap data yang dibagi atau di-sharing
    f.        TRACK CHANGES                                              : Untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama

    TAB VIEW
    1.       GROUP WORKBOOK VIEWS
    a.       NORMAL             : Untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama
    b.      PAGE LAYOUT   : Menampilkan dokumen seperti yang akan dicetak di kertas
    c.       PAGE BREAK PREVIEW : Menampilkan preview potongan halaman
    d.      CUSTOM VIEWS : Menampilkan dokumen sesuai yang dikehendaki saat itu
    e.      FULL SCREEN      : Menampilkan dokumen kerja dalam satu layar penuh


    2.       GROUP SHOW/HIDE
    a.       RULER                   : Menampilkan atau menyembunyikan penggaris
    b.      GRIDLINES          : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pembatas setiap kolom dan baris
    c.       MESSAGE BAR   : Melengkapi tindakan yang diperlukan dalam dokumen
    d.      FORMULA BAR  : Menampilkan dan menyembunyikan formula bar
    e.      HEADINGS          : Menampilkan dan menyembunyikan kepala kolom dan baris

    3.       GROUP ZOOM
    a.       ZOOM                   : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
    b.      100%                     : Menampilkan dokumen sesuai ukuran aslinya
    c.       ZOOM TO SELECTION : Memperbesar tampilan lembar kerja sehingga range yang dipilih memenuhi tampilan jendela

    4.       GROUP WINDOW
    a.       NEW WINDOW : Membuka jendela baru
    b.      ARRANGE ALL    : Menampilkan semua program terbuka dalam satu layar
    c.       FREEZE PANES   : Membuat sebagian lembar kerja tetap terlihat sementara sebagian lagi digulung
    d.      SPLIT                     : Memecah tampilan jendela menjadi beberapa bagian yang dapat diatur besarnya
    e.      HIDE                      : Menyembunyikan jendela lembar kerja
    f.        UNHIDE                                : Menampilkan jendela lembar kerja
    g.       VIEW SIDE BY SIDE : Menampilkan dua lembar kerja secara berdampingan
    h.      SYNCHRONOUS SCROLLING        : Menyelaraskan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama
    i.         RESET WINDOW POSITION          : Mereset posisi jendela dokumen yang tampil secara side by side, sehingga tampilan keduanya mempunyai tampilan yang sama pada layar
    j.        SAVE WORKSPACE          : Menyimpan susunan semua jendela saat ini untuk ditampilkan di lain waktu
    k.       SWITCH WINDOWS         : Berpindah ke jendela excel lainnya yang sedang terbuka

    5.       GROUP MARCOS : Untuk merekam atau mengatur makro


    G. Lembar Kerja Microsoft Exel

    a.    Cells        : Perpotongan kolom dan baris, misalnya A3
    b.   Range      : Gabungan beberapa sel
    c.    Coloumn : kolom lembar kerja exel, berjumlah 16.384, yaitu dari kolom A sampai XFD
    d.   Row         : Baris dari lembar kerja exel yang berjumlah 1.048.576 baris.


































































































No comments:

Post a Comment