-MICROSOFT EXCEL-
Disusun oleh:
Annisa Cahyadini
Desma Ariyas
Mutia Marwa
Oxy Rizky
A. PENGERTIAN
Microsoft
Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft
Corporation
untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi
dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini
program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak
pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada
tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft
Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
B. SEJARAH
Pada
tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet
yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri
saingannya, yakni Lotus
1-2-3.
Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang
baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan
oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan
apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi
pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada
November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke
pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3
masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam
pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah
satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang
andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat
bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft,
dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua
tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office
Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya
adalah Excel for Mac.
Pada
awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang
bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat
lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri
tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel
menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya,
hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang
sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan
membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai
singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang
digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski
diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet
yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls
sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya
adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki
ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel
sebelumnya.
Excel
menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet
yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang
terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau
referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel
merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk
mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting:
font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan
penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang
berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan
data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga
menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika
pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang
tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan
Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang
paling disukai.
Sejak
tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual
Basic for Applications
(VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di
dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh
pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet.
Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated
development environment
(IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk
melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam
semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu
melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan
kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan
penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi
VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga
mengizinkan penggunaan teknik pemrograman
berorientasi objek
dalam VBA.
Fungsi
automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat
serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk
mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel.
Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk
mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara
keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau
mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat
digital
yang tepercaya.
C. Versi
Tabel
berikut berisi versi-versi Microsoft Excel
D. Format berkas
Dari
pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary
Interchange File Format (BIFF) sebagai format
berkas
utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang
memperkenalkan Office
Open XML
sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer
berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang
diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro
VBA.
Meskipun
mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung
format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu,
kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase
File
(DBF), SYmbolic
LinK
(SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk
di antaranya format worksheet milik Lotus
1-2-3
(WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro
Pro.
Excel
2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut.
Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di
versi sebelumnya adalah:
- WK1 (1-2-3)
- WK4 (1-2-3)
- WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- WKS (1-2-3)
- WK3 (1-2-3)
- WK1 FMT(1-2-3)
- WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
- WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- DBF 2 (dBASE II)
- WQ1 (Quattro Pro/DOS)
- WK3,FM3(1-2-3)
- Microsoft Excel Chart (.xlc)
- WK1, ALL(1-2-3)
- WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
- WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan
beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007
antara lain:
- Microsoft Excel 2.1 Worksheet
- Microsoft Excel 2.1 Macro
- Microsoft Excel 3.0 Worksheet
- Microsoft Excel 3.0 Macro
- Microsoft Excel 4.0 Worksheet
- Microsoft Excel 4.0 Macro
- Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
- Microsoft Excel 4.0 Workbook
- DBF 3 (dBASE III)
- DBF 4 (dBASE IV)
Berikut
ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
- *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
- *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
- *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
- *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
- *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
- *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
- *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
- *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
- *.xlam, merupakan format untuk Excel
Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu
menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan
kemampuan Excel.E. Fungsi Microsoft Exel1. Perhitungan dengan rumus sederhana2. Perhitungan dengan rumus kompleks3. Perhitungan statistika4. Perhitungan keuangan/financial5. Pengolahan angka menjadi grafik6. Pengolahan database.
- F. OFFICE BUTTON1. NEW : Membuat dokumen atau lembar kerja baru2. OPEN : Membuka dokumen atau lembar kerja yang telah disimpan3. SAVE : Menyimpan dokumen4. SAVE AS : Menyimpan teks dokumen atau file yang telah diketik dengan memberi nama file ke dalam ke dalam beberapa format yang tersedia5. PRINT : Mencetak file atau dokumen dengan printer6. PREPARE : Menyiapkan file atau dokumen yang dibuka untuk didistribusikan dengan memberi property, memeriksa metadata, mengenkripsi file, menambah tanda tangan digital, dsb.7. SEND : Mengirim file yang dibuka lewat e-mail maupun fax internet8. PUBLISH : Mempublikasikan file yang dibuka pada web, blog, server manajemen file, atau workspace pada jaringan9. CLOSE : Menutup file yang sedang dibuka10. RECENT DOCUMENTS : File atau lembar kerja yang sebelumnya dibuka11. WORD OPTIONS : Pengaturan untuk word12. EXIT WORD : Menutup file yang sedang dibuka
QUICK ACCESS TOOLBAR
1. SAVE : Menyimpan dokumen2. UNDO : Membatalkan perubahan file dokumen terakhir3. REDO : Membatalkan pembatalan perubahan file dokumen yang terakhir4. REPEAT : Mengulang perubahan dokumen yang terakhir
RIBBON
TAB HOME
1. GROUP CLIPBOARDa. COPY : Menyalin atau mengcopy suatu bagian dari workbook seperti isi sel maupun range dan menempatkannya ke sel atau range lainb. CUT : Memotong atau mengcopy suatu bagian dari workbook seperti isi sel maupun range dan menempatkannya ke sel atau range lainc. PASTE : Memunculkan atau menempelkan suatu bagian yang telah dicopyd. FORMAT PAINTER : Mengcopy format dokumen yang sudah ada untuk ditempakan di bagian lain atau dokumen lain
2. GROUP FONTa. JENIS FONT : Mengubah jenis fontb. FONT SIZE : Mengubah ukuran fontc. GROW FONT : Memperbesar fontd. SHRINK FONT : Memperkecil fonte. BOLD : Memberi efek cetak tebal pada fontf. ITALIC : Memberi efek cetak miring pada fontg. UNDERLINE : Memberi efek garis bawah pada fonth. BORDERS : Memberi garis atau line pada sel atau rangei. HIGHLIGHT : Memberi warna latar pada sel atau range yang dipilihj. FONT COLOR : Menentukan atau mengatur warna font
3. GROUP ALIGNMENTa. TOP ALIGNMEN : Mengatur perataan data sel pada posisi vertical dengan rata atasb. MIDDLE : Mengatur perataan data sel pada posisi vertical dengan rata tengahc. BOTTOM ALIGN : Mengatur perataan data sel pada posisi vertical dengan rata bawahd. ALIGN TEXT LEFT : Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kirie. CENTER : Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengahf. ALIGN TEXT RIGHT : Mengatur perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kanang. ORIENTATION : Mengatur orientasi penulisan data dalam selh. DECREASE INDENT : Mengurangi jarak indentasii. INCREASE INDENT : Menambah jarak indentasij. WRAP TEXT : Melipat penulisan data text dalam selk. MERGE AND CENTER : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel tunggal dan meratakan data sel pada bagian tengah horizontal
4. GROUP NUMBERa. NUMBER FORMAT : Memformat data-data berbentuk angkab. ACCOUNTING NUMBER FORMAT : Memformat data numeric dengan format mata uangc. PERCENT STYLE : Memformat data numeric dengan format persend. COMMA STYLE : Memformat data numeric dengan format akuntansie. INCREASE DECIMAL : Menambah jumlah digit angka desimalf. DECREASE DECIMAL : Mengurasi jumlah digit angka desimal
5. GROUP STYLEa. CONDITIONAL FORMATTING : Memformat tabel-tabel data berdasarkan kriteria khususb. FORMAT AS TABLE : Memformat data-data dalam suatu range dari beberapa sel menjadi satu tabelc. CELL STYLES : Memformat data-data dalam sel dan memiliki berbagai pilihan format
6. GROUP CELLSa. INSERT CELLS : Menyisipkan sel, baris, kolom, dan sheetsb. DELETE CELLS : Menghapus sel, baris, kolom, dan sheetsc. FORMAT : Memformat atau mengatur tinggi baris dan lembar kolom hingga menyembunyikan baris dan kolom
7. GROUP EDITINGa. AUTOSUM : Menjumlahkan data dalam suatu range sel yang telah ditentukanb. FILL : Membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau rangec. CLEAR : Menghapus data dalam sel atau range yang dipilihd. SORT & FILTER : Mengurutkan data dari yg terkecil ke yg terbesar atau sebaliknyae. FIND & SELECT : Mencari atau mengganti data secara otomatis
TAB INSERT
1. TABLE : Menyisipkan pivotable untuk data-data tabel yang kompleks dan membuat tabel untuk mengatur dan menganalisis data2. ILLUSTRATION : Menyisipkan gambar, clip art, grafik, dan lain-lain3. CHARTS : Menyisipkan grafik dalam berbagai bentuk ke dokumen4. TEXT : Menyisipkan kotak teks, header and footer, WordArt, tanda tangan, objek5. LINKS : Membuat hyperlink
TAB LAYOUT
1. GROUP THEMESa. COLORS : Mengubah warnab. FONT : Mengubah jenis hurufc. EFFECT S : Mengubah efek huruf/ tulisan
2. GROUP PAGE SETUPa. MARGINS : Untuk mengatur ukuran margin suatu dokumenb. ORIENTATION : Untuk mengatur orientasi pencetakan dokumenc. SIZE : Untuk mengatur atau menentukan ukuran kertasd. PRINT AREA : Menentukan area cetak pada dokumen atau mencetak range yang diblok sajae. BREAKS : Untuk membagi dokumen menjadi beberapa bagian atau memisahkan halaman sheet dokumenf. BACKGROUND : Memberikan gambar latar pada lembar kerjag. PRINT TITTLE : Untuk menentukan range kolom atau baris yang akan dicetak
3. GROUP SCALE FITa. WIDTH : Untuk mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran lebar kertasb. HEIGHT : Untuk mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran tinggi kertasc. SCALE : Untuk menentukan nilai persen guna memperkecil dan memperbesar ukuran dokumen saat dicetak
4. GROUP SHEET OPTIONSa. GRIDLINES : Untuk menampilkan garis kisi-kisi sel (gridlines) antara row (baris) dan column (kolom)b. HEADINGS : Untuk menampilkan heading (bingkai lembar kerja berupa nomor baris dan kolom) dari row dan column
5. GROUP ARRANGEa. BRING TO FRONT : Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling depanb. SEND TO BACK : Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling belakangc. SELECTION PANE : Menampilkan jendela Task Pane Selection and Visibility yang digunakan untuk menyeleksi suatu objek gambar untuk ditampilkan atau disembunyikand. ALIGN : Mengatur perataan objek dengan posisi rata kiri (left), kanan (right), tengah (center/middle), atas (top), dan bawah (bottom)e. GROUP : Mengelompokkan beberapa objek atau gambar dalam satu kelompok sehingga menjadi satu objekf. ROTATE : Memutar dan membalikkan posisi objek yang sudah dipilih, dapat ke arah kanan, kiri, dsb.
TAB FORMULA
1. GROUP FUNCTION LIBRARYa. INSERT FUNCTION : Menampilkan kotak dialog Insert Function yang digunakan untuk menyisipkan fungsi/ rumus tertentub. AUTOSUM : Untuk menjumlahkan data-data dalam suatu range tertentu secara otomatis, menghitung rata-rata data, banyak data, data tertinggi, data terendah, dan fungsi lainnyac. RECENTLY USED : Untuk memasukkan rumus-rumus dari fungsi yang pernah digunakand. FINANCIAL : Untuk memasukkan rumus-rumus dari fungsi yang berkaitan dengan keuangane. LOGICAL : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi logikaf. TEXT : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi textg. DATE AND TIME : Untuk membuat fungsi-fungsi yang berkaitan dengan waktu dan tanggalh. LOOK UP AND REFERENCE : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi pembacaan tabeli. MATH AND TRIG : Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi matematika dan trigonometrij. MORE FUNCTIONS : Untuk membuat fungsi-fungsi yang lain
2. GROUP DEFINED NAMESa. NAME MANAGER : Untuk membuat, mengedit/ memperbaiki, menghapus, dan mencari semua nama sel atau range yang digunakan dalam workbookb. DEFINE NAME : Untuk membuat penamaan sel atau range yang telah dipilih dan akan digunakan dalam rumus/formulac. USE IN FORMULA : Untuk menyisip nama sel atau range dalam suatu rumus/formulad. CREATE FROM SELECTION : Untuk membuat nama dari serangkaian sel baik kolom maupun baris secara otomatis
3. GROUP FORMULA EDITINGa. TRACE PRECEDENTS : Untuk menampilkan tanda panah yang mengarah ke satu sel hasil perhitungan suatu rumus atau fungsi dari kelompok selb. TRACE DEPENDENTS : Untuk menampilkan tanda panah dari suatu kelompok sel yang mengarah ke suatu sel yang berisi hasil perhitungan dari suatu rumus fungsic. REMOVE ARROWS : Untuk menghapus tanda panah yang ditampilkan oleh Trace Precedents dan Trace Dependentsd. SHOW FORMULAS : Untuk menampilkan rumus dari suatu sel hasil perhitungane. ERROR CHECKING : Untuk memeriksa kesalahan suatu rumusf. EVALUATE FORMULA : Untuk mengevaluasi rumus/formula yang digunakang. WATCH WINDOW : Untuk menampilkan jendela Watch Window, yang digunakan untuk memonitor atau mengamati beberapa sel sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar kerja atau buku kerja yang berbeda
4. GROUP CALCULATIONa. CALCULATION OPTION : Untuk memilih formula yang akan dilakukan atau dihitungb. CALCULATE NOW : Untuk mengkalkulasi atau menghitung serangkaian data pada workbook yang sedang dikerjakanc. CALCULATE SHEET : Untuk mengkalkulasi atau menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan
TAB DATA
1. GROUP GET EXTERNAL DATAa. FROM ACCESS : Untuk mengambil atau mengimpor data dari program Microsoft Accessb. FROM WEB : Untuk mengambil atau mengimpor data dari halaman webc. FROM TEXT : Untuk mengambil atau mengimpor text dari file laind. FROM OTHER SOURCE : Untuk mengambil atau mengimpor data dari sumber-sumber laine. EXISTING CONNECTIONS : Untuk mengambil atau mengimpor data dari dari koneksi data yang sedang dijalankan atau pernah dilakukan
2. GROUP CONNECTIONS : Untuk memperbarui hubungan data antarworkbook sehingga data yang sudah dikoneksi terlebih dahulu akan selalu update jika data dari sumber lain tersebut diperbarui
3. GROUP SORT & FILTERa. SORT : Untuk mengurutkan data dari nilai terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknyab. FILTER : Untuk menyaring data
4. GROUP DATA TOOLSa. TEXT TO COLUMNS : Untuk memisahkan sel menjadi dua kolomb. REMOVE DUPLICATES : Untuk membatalkan duplikasi baris dalam suatu sheetc. DATA VALIDATION : Untuk melakukan validasi data yang sedang dikerjakan agar data-data yang akan dimasukkan bisa dikontrold. CONSOLIDATE : Untuk menggabungkan beberapa range menjadi satu rangee. WHAT-IF ANALYSIS : Untuk menganalisis atau mencoba beragam nilai untuk formula yang terdapat dalam sheet
5. GROUP OUTLINE : Untuk menjumlahkan data-data dari beberapa baris yang berhubungan secara otomatis dan menyisipkan hasilnya dalam suatu sel yang dipilih
TAB REVIEW
1. GROUP PROOFINGa. SPELLING : Untuk mengontrol spelling atau ejaan dalam datab. RESEARCH : Untuk mencari data dari berbagai sumber datac. THESAURUS : Untuk mencari arti kata dalam kamusd. TRANSLATE : Untuk menterjemahkan kalimat terpilih
2. GROUP COMMENTS : Untuk menyisipkan komentar atau catatan pada suatu sel
3. GROUP CHANGESa. PROTECT SHEET : Untuk memproteksi atau melindungi data dalam suatu sheet sehingga tidak sembarangan pemakai melakukan perubahan terhadap data dalam sheet tersebutb. PROTECT WORKBOOK : Untuk memproteksi atau melindungi data dalam suatu worbook sehingga tidak sembarangan pemakai melakukan perubahan terhadap data dalam workbook tersebutc. SHARE WORKBOOK : Untuk membagi file workbook pada orang lain sehingga orang lain bisa mengakses file itu jugad. PROTECT AND SHARE WORKBOOK : Untuk memproteksi sekaligus membagi file workbook pada orang lain namun orang lain tersebut tidak bisa melakukan perubahan terhadap file itue. ALLOW USERS TO EDIT RANGES : Untuk mengizinkan orang lain melakukan perubahan terhadap data yang dibagi atau di-sharingf. TRACK CHANGES : Untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama
TAB VIEW
1. GROUP WORKBOOK VIEWSa. NORMAL : Untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersamab. PAGE LAYOUT : Menampilkan dokumen seperti yang akan dicetak di kertasc. PAGE BREAK PREVIEW : Menampilkan preview potongan halamand. CUSTOM VIEWS : Menampilkan dokumen sesuai yang dikehendaki saat itue. FULL SCREEN : Menampilkan dokumen kerja dalam satu layar penuh
2. GROUP SHOW/HIDEa. RULER : Menampilkan atau menyembunyikan penggarisb. GRIDLINES : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pembatas setiap kolom dan barisc. MESSAGE BAR : Melengkapi tindakan yang diperlukan dalam dokumend. FORMULA BAR : Menampilkan dan menyembunyikan formula bare. HEADINGS : Menampilkan dan menyembunyikan kepala kolom dan baris
3. GROUP ZOOMa. ZOOM : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumenb. 100% : Menampilkan dokumen sesuai ukuran aslinyac. ZOOM TO SELECTION : Memperbesar tampilan lembar kerja sehingga range yang dipilih memenuhi tampilan jendela
4. GROUP WINDOWa. NEW WINDOW : Membuka jendela barub. ARRANGE ALL : Menampilkan semua program terbuka dalam satu layarc. FREEZE PANES : Membuat sebagian lembar kerja tetap terlihat sementara sebagian lagi digulungd. SPLIT : Memecah tampilan jendela menjadi beberapa bagian yang dapat diatur besarnyae. HIDE : Menyembunyikan jendela lembar kerjaf. UNHIDE : Menampilkan jendela lembar kerjag. VIEW SIDE BY SIDE : Menampilkan dua lembar kerja secara berdampinganh. SYNCHRONOUS SCROLLING : Menyelaraskan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung bersama-samai. RESET WINDOW POSITION : Mereset posisi jendela dokumen yang tampil secara side by side, sehingga tampilan keduanya mempunyai tampilan yang sama pada layarj. SAVE WORKSPACE : Menyimpan susunan semua jendela saat ini untuk ditampilkan di lain waktuk. SWITCH WINDOWS : Berpindah ke jendela excel lainnya yang sedang terbuka
5. GROUP MARCOS : Untuk merekam atau mengatur makro
G. Lembar Kerja Microsoft Exela. Cells : Perpotongan kolom dan baris, misalnya A3b. Range : Gabungan beberapa selc. Coloumn : kolom lembar kerja exel, berjumlah 16.384, yaitu dari kolom A sampai XFDd. Row : Baris dari lembar kerja exel yang berjumlah 1.048.576 baris.
No comments:
Post a Comment