Monday, January 21, 2013

Microsoft Excel (Rangkuman)


MICROSOFT EXCEL
Disusun Oleh :
1. Adinda Alya Faradita
2. Eunike Gabriella
3. Risya Farah Decera Lubis
4. Sorta Febbry Tamaria

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka. Microsoft Excel mampu mengolah angka untuk fungsi matematika, statistika, keuangan, dan fungsi logika. Microsoft Excel dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Selain aplikasi pengolahan angka dengan Microsoft Excel, terdapat juga aplikasi sejenis, seperti Lotus for Windows, Supercalk, Q-Pro, dan OpenOffice.
Kegunaan Program Pengolah Angka
Perangkat lunak pengolah angka adalah buku kerja elektronik yang terdiri dari beberapa proses yang dapat dilakukan oleh Microsoft Excel, antara lain :
1. Perhitungan dengan rumus Kompleks
2. Perhitungan dengan rumus Sederhana
3. Perhitungan statistika
4. Perhitungan Keuangan/Finansial
5. Pengolah angka menjadi grafik
6. Pengolah database

Bekerja dengan aplikasi ini menjadikan kita tak lagi membutuhkan kalkulator karena aplikasi ini menyediakan beberapa fungsi dan operasi perhitungan, diantaranya operasi aritmatika, fungsi statistika, fungsi financial dan fungsi logika.

Lingkungan Kerja Microsoft Excel 2010, terdiri dari :
1. Quick access toolbar
Berisi ikon-ikon yang digunakan untuk mengakses perintah-perintah umum yang sering digunakan secara cepat. Toolbar ini berisi ikon save, undo dan redo.
2. Title toolbar
Judul nama buku kerja (workbook) terletak pada bagian tengah atas jendela Microsoft Excel.
3. Ribbon
Menu berbentuk pita yang berisi ikon-ikon atau perintah-perintah yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya dalam 3 bagian, yaitu tabs, groups, dan commands.
4. Pointer
Petunjuk posisi sel.
5. Tab Worksheet
Lembar kerja Microsoft Excel secara default memiliki 3 sheet. Worksheet tersebut dilengkapi dengan tombol navigasi untuk berpindah antar lembar kerja, yaitu berpindah ke lembar kerja paling awal, berpindah ke lembar kerja sebelumnya, berpindah ke lembar kerja berikutnya dan berpindah ke lembar kerja paling akhir.
6. Name box
Untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif dan dapat digunakan untuk menampung beberapa sel yang di blok menjadi suatu range dengan diberikan nama tertentu.
7. Formula bar
Kotak yang berfungsi untuk menampilkan rumus, memasukan rumus, dan memperbaiki rumus yang telah di buat.
8. Control menu
Control menu ada yang terletak sejajar dengan title bar.
9. Scroll Bar Vertical
Untuk melihat data yang terdapat dalam lembar kerja yang melebihi tampilan satu layar.
10. Scroll Bar Horizontal
Fungsinya untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri agar data yang terletak di sebelah kanan lebih dari layar dapat terlihat.
Istilah-istilah penting yang harus diketahui :
Cells : Perpotongan kolom atau baris
Range : Gabungan beberapa sel
Column : kolom lembar kerja excel, berjumlah 16.384 dari kolom A sampai XFD
Row : Baris dari lembar kerja excel yang berjumlah 1.048.576 baris 
Penggunaan mouse pada pointer :
Klik berfungsi untuk meletakkan pointer pada sel yang diinginkan.
Klik gande berfungsi untuk mengedit teks pada sel yang diinginkan.
Drag berfungsi untuk melakukan pemblokan, memindahkan dan menyalin suatu sel ataupun range.
Bentuk dan fungsi kursor mouse :

Pengaturan bentuk pointer dan keyboard 
Arrow Key Right : Satu sel atau satu huruf ke kanan
Arrow Key Left : Satu sel atau satu huruf ke kiri
Arrow Key Up : Satu baris ke atas
Arrow Key Down : Satu baris ke bawah
Page Up : Satu layar ke atas
Page down : Satu layar ke bawah
End + arrow key right : Ke kolom akhir sel yang berisi data
End + arrow key left : Ke kolom awal sel yang berisi data
End + arrow key up : Ke baris awal sel yang berisi data
End + arrow key down : Ke baris akhir sel yang berisi data
ctrl + end : Ke kolom atau baris akhir sel yang berisi data
ctrl + home : ke sel awal lembar kerja (A1)
Home : Ke kolom awal pada baris yang aktif
F5 : Menuju sel tertentu

Menu dalam Microsoft Excel 2010
1. Menu Ribbon adalah menu berbentuk pita yang berisi perintah-perintah yang dilakukan dalam 3 bagian, yaitu : Tabs, groups dan commands. Tab dari ribbon terletak di bagian atas yang terdiri dari perintah file, home, insert, Page layout, formulas, data, review dan view.
a. File, berisi perintah-perintah operasi dasar Microsoft Excel.
b. Home, menu utama yang berisi ikon-ikon atau toolbar yang dikelompokkan dalam group.
c. Insert, untuk penyisipan objek-objek yang diperlukan oleh Microsoft Excel.
d. Page Layout, untuk pengaturan halaman, yaitu themes, page setup, scale to fit, sheet options, dan arrange.
e. Formulas, untuk operasi perhitungan dan fungsi 
f. Data, untuk pengolah data yang terdapat dalam lembar kerja maupun data yang diperoleh dari luar.
g. Review, untuk tinjauan.
h. View, untuk pengaturan tampilan buku kerja Microsoft Excel.

2. Menu Popup adalah menu yang digunakan untuk menampilkan perintah tertentu dengan secara cepat.

1 comment: